Kiat Menciptakan Tokoh Cerita yang Tidak Biasa

Karakter adalah hal yang paling penting dalam sebuah cerita. Dengan karakter yang jelas, kita bisa banyak nemuin masalah yang bisa kita mainkan antartokohnya, sehingga terjalin cerita yang menarik. Pembentukan karakter sangat berpengaruh pada cerita yang kita buat. Sebaiknya, cari karakter-karakter yang unik dan khas agar cepat melekat di benak pembaca.

Sebisa mungkin, jangan buat karakter yang berlebihan. Misalnya, kalau jahat ya, jangan jahat banget, ngga ada baiknya sedikitpun. Sebaliknya, kalau dia baik, baik banget ngga pernah sedikitpun jahat.



Carilah karakter yang natural, yang manusiawi. Yang bener-bener ada di sekeliling kita, orang ngga sepenuhnya baik dan ngga sepenuhnya jahat. Selalu ada celah mereka berbuat baik atau jahat.

Karakter dalam sebuah cerita bermacam-macam, tapi secara umum biasanya dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu:

Karakter Protagonis
Karakter protagonis umumnya disebut karakter utama, yang mewakili sisi kebaikan dan nunjukkin hal-hal yang benar dalam setiap kegiatannya di cerita dan berperan penting untuk nentuin alur cerita.

Karakter Samping
Karakter samping mendampingi karakter protagonis. Pada umumnya, dia selalu ngebantu tokoh utama atau protagonis untuk mencapai tujuannya. Dia bisa jadi sobat, teman, pengawal, guru, ortu, dll.d

Karakter Antagonis
Karakter antagonis selalu berlawanan dengan tokoh protagonis dan selalu berusaha ngegagalin tujuan karakter protagonis.

Karakter Kontagonis
Karakter kontagonis adalah karakter yang selalu ngebantu karakter antagonis untuk ngehancurin tokoh protagonis.

Karakter Skeptis
Karakter skiptis meskipun bukan musuh utama karakter protagonis, tapi selalu ngacauin semua rencana yang sudah dibuat tokoh protagonis. Biasanya, tokoh selalu curiga aja sama tokoh protagonis, meskipun ngga ada keinginan langsung untuk ngehancurin tokoh protagonis.

Untuk membuat jenis karakter sesuai dengan kelompok karakter di atas, kita bisa nentuin dari hal-hal berikut:


  • Nama; pilihlah nama-nama yang familier, tapi ngga terlalu sering dipakai agar nama karakter yang kita ciptain mudah diingat.
  • Jenis kelaminnya.
  • Umurnya.
  • Ciri-ciri fisik yang dimilikinya, bahkan kalau ada ciri khususnya.
  • Latar belakangnya; misalnya tentang siapa orang tuanya, saudara-saudaranya, gimana hubungannya dengan mereka, orang-orang di sekelilingnya dan gimana pula hubungannya, gaya hidupnya, pendidikannya, kegiatan, serta tempat tinggalnya di masa lalu.
  • Keberadaan di masa kini; yaitu  keberadaan seperti di nomor lima, tapi di masa sekarang.
  • Statusnya; dia lajang, menikah, punya tunangan, jomblo, punya pacar, lagi nyari pacar, dll.
  • Agama dan kepercayaannya.
  • Dia sudah punya anak atau belum.
  • Pekerjaannya; bekerja—sebutin atau jelasin di bidang apa—pelajar / mahasiswa.
  • Hubungan si tokoh dengan lingkungan kerjanya atau lingkungan pendidikannya.
  • Pikirannya tentang pekerjaannya
  • Pandangan hidup dan filosofinya.
  • Kegiatan lainnya selain bekerja.
  • Kepribadiannya; misalnya orang yang optimis, pesimis, terbuka, pendiam, dll.
  • Apa saja yang bisa bikin si tokoh malu dan bangga.
  • Kondisi kesehatannya.
  • Seberapa pandai dia.
  • Hubungannya dengan tokoh-tokoh lain dalam cerita.
  • Dialog yang akan digunain si tokoh; apakah dia nggunain bahasa gaul, bahasa formal, punya logat tertentu, pandai bicara atau engga, dll.
  • Tujuan dan  keinginan si tokoh; sertakan pula alasan atau sebab kenapa  dia menginginkannya.
  • Siapa yang ngehalangi tujuan dan keinginan si tokoh utama dan apa pula sebabnya.
  • Siapa yang akan ngebantu tokoh utama mencapai tujuan dan keinginannya. Lalu apa hubungan mereka dan kenapa ia mau ngebantu tokoh utama.


Kalau sudah tahu semuanya, kamu tinggal nentuin jenis-jenis karakternya dan carilah yang unik dan belum pernah diangkat oleh penulis lain, tapi tetep manusiawi. Jadi, tulisan kamu ngga harus sempurna, tapi ada sesuatu yang baik dan membuat orang terkesan.

sumber: http://beautyfee.wordpress.com/2013/03/26/pembentukan-karakter-pada-cerita-fiksi/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kiat Menciptakan Tokoh Cerita yang Tidak Biasa"

Post a Comment

Hargailah penulis dengan memberikan apresiasi berupa komentar atau membagikan. Jangan lupa tinggalkan kontak agar saya bisa mengunjungi balik. Salam semangat :)